Al-Ishlah Donor Darah

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Saling tolong menolong sangat penting untuk menciptakan solidaritas antar sesama manusia. Begitu pula yang dilakukan oleh BESMA 2015 bagian UKS pada Jumat (20/2) jam 08.00 – 14.00 WIB yang bertempat di Poskestren Al-Ishlah yaitu mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian antar sesama sekaligus sebagai wadah untuk beramal dan berdakwah walaupun hanya dengan sekantong darah sekaligus membantu PMI Lamongan dalam menyediakan stok darah.

Banyak diantara siswa kelas 3 MA Al- ishlah yang bersemangat, ini karena diantara syarat-syarat yang harus dipenuhi bagi pendonor untuk bisa mendonorkan darahnya adalah usianya minimal harus 17 tahun,berat badan minimal 45 kg, hemoglobin harus < 12,5 cc dan tidak dalam keadaan sakit. Sebelumnya pendonor diperiksa oleh petugas PMI untuk memastikan syarat-syarat tersebut sudah terpenuhi ada juga para pendonor yang harus kecewa karna setelah diperiksa ternyata memiliki penyakit hipertensi ( darah tinggi) sehingga harus mengurungkan niatnya untuk melakukan donor darah. Walaupun persiapan yang dilakukan oleh bagian UKS sudah satu minggu sebelum kegiatan itu dilaksanakan tetapi sangat disayangkan karena keterbatasan stok kantong darah yang ada hanya berjumlah 53 kantong padahal sebelumnya sudah dipesan 100 kantong. Akhirnya, banyak dari pendonor tidak bisa mendonorkan darahnya. 

“Alhamdulilah kegiatan donor darah yang merupakan bagian dari program kerja kami dapat berjalan dengan lancar dan sukses “ . Kata salah satu bagian UKS.
“ Saya sangat senang sekali dengan adanya kegiatan donor darah ini, akan melatih kepedulian antar sesama manusia, ikhlas dalam berbagi dan beramal, dan darah itu tentunya akan sangat dibutuhkan saat keadaan darurat sehingga akan bermanfaat bagi orang lain”. Tutur salah satu pendonor darah. (NIU)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *