Al-Ishlah Gelar Lomba MTQ Dalam Rangka Peringatan 3 Dasawarsa

Sendangagung – Dalam rangka peringatan 3 Dasawarsa Pondok Pesantren Al-Ishlah Sendangagung, Panitia Kesyukuran 3 Dasawarsa Pondok Pesantren Al-Ishlah menyelenggarakan berbagai macam perlombaan dengan tema Gebyar 3 Dasawarsa. Salah satu yang diperlombakan adalah MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an) yang dilaksanakan pada hari Minggu, 20 November 2016.

Pembukaan  dimulai  pada pukul 09.00 WIB di Aula Popndok Pesantren Al-Ishlah Sendangagung.  Acara yang dipandu oleh Wildan Mukholad (XI IPS 2) dan Mukhtar Al Haq (XI IPS 1) ini dibuka langsung oleh Drs. KH. Muhammad Dawam Saleh selaku Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ishlah.

pembukaan-mtq-alishlah
Acara Pembukaan Lomba MTQ di Aula Ponpes Al-Ishlah Sendang

Lomba MTQ  terdiri dari tiga cabang perlombaan, yakni Syarhil Qur’an, Tahfidzul Qur’an dan Tilawatul Qur’an.  Cabang Syarhil Qur’an diperuntukkan tingkat SMA/MA sederajat, Cabang Tilawatul Qur’an untuk dua tingkatan SD/MI dan SMP/MTS. Sedangkan untuk Tahfidzul Qur’an dibagi menjadi tiga sub-cabang lagi yaitu, Tahfidz Juz 30 untuk SD/MI, Tahfidz Juz 29 & 30 untuk SMP/MTS, dan Tahfidz 5 Juz untuk SMA/MA.

“Diadakannya MTQ ini adalah untuk memotivasi generasi Islam agar lebih mencintai Alqur’an,” tutur Ustadz Abd. Kholiq S selaku ketuaPanitia Kesyukuran 3 Dasawarsa Pondok Pesantren Al-Ishlah. Beliau juga mengatakan bahwa acara ini merupakan bentuk semangat belajar Al Qur’an.

Acara ini diikuti oleh 100 lebih Peserta yang berasal dari Kabupaten Lamongan, Gresik dan Tuban. Meski ada beberapa perwakilan yang tidak hadir, acara ini tetap berjalan dengan lancar. Ketiga cabang lomba tersebut dapat dikatakan sukses karena tidak ada kendala selama pelaksanaan. Didukung pula oleh persiapan panitia yang matang dalam menyelenggarakan acara ini.

peserta-syarhil
Peserta Lomba MTQ Cabang Syarhil Qur’an Caban SMA/MA

Ketiga lomba tersebut diadakan secara terpisah. Tahfidzul Qur’an beserta Tilawatil Qur’an bertempat di kompleks MA Al-Ishlah yang dibagi dalam tiga ruang, sedangkan lomba Syarhil Qur’an bertempat di Aula Pondok Pesantren Al-Ishlah. Meskipun harus menunggu lama, para peserta terlihat tetap semangat dan berantusias dalam mengikuti perlombaan yang dapat dilihat dari persiapan peserta  agar dapat tampil dengan semaksimal mungkin. “Acara seperti ini layak dipertahankan dan dikembangkan untuk memacu perkembangan  generasi Islam, khususnya dalam mengaktualisasikan Al-Qur’an,”  tutur salah satu peserta.  Mundiah, Pendamping dari SMPM 04 Pangkatrejo, mengatakan “Dengan diadakannya lomba semacam ini, setidaknya para peserta bisa mendapatkan pengalaman dan mendapatkan ilmu dari pesrta-peserta lainnya.”

Peserta Lomba MTQ Cabang Tilawatul Qur'an Tingkat SD/MI
Peserta Lomba MTQ Cabang Tilawatul Qur’an Tingkat SD/MI

Serangkain perlombaan MTQ ditutup pada 15.15 WIB di Aula Pondok Pesantren Al-Ishlah Sekaligus pengumuman pemenang kejuaraan lomba MTQ. “Tetap cintai Al Qur’an, jadilah generasi Al Qur’an dan untuk yang belum berhasil, jangan patah semangat karena masih banyak kesempatan untuk melakukan yang terbaik. Pokoknya ikhtiar dan tawakal” pesan Mafatikhul Inayah, siswi asal MA Muhammadiyah 02 Pondok Modern Paciran yang berhak membawa pulang Juara I cabang Syarhil qur’an.

Abd. Kholiq berharap lomba ini dapat memotivasi para generasi Islam, agar selalu bergiat dalam memperjuangkan Al Qur’an dan semoga ini adalah salah satu cara Pondok Pesantren Al-Ishlah untuk mensyi’arkan Al Qur’an. “Teruslah bergiat untuk memperjuangkan Al Qur’an,” ujarnya di akhir acara.

 

Reporter:

Mutiatuz Zakiyatus S. (Siswi Kelas XI IPS 3 MA Al-Ishlah Sendangagung)

Adhelya Restu Iryani (siswi kelas X IPA 4 MA Al-Ishlah Sendangagung)

Ayu Silvi Wuryani (siswi kelas X IPA 4 MA Al-Ishlah Sendangagung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *