BELAJAR FARAIDH ASIK DENGAN WEB BERSAMA EMPAT MAHASISWI ITS

Jum’at (6/05), sejumlah siswi dari kelas X dan XI mengikuti kegiatan “ Pelatihan Ilmu Faraidh dengan Web”. Pelatihan ilmu faraidh atau yang lebih dikenal dengan ilmu pembagian harta waris ini dipromotori oleh empat mahasiswi ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya 2016, antara lain  Zuyyina, Dhevina Dewantari, Lailatul Maghfiroh (alumni MA Al-Ishlah), dan Zuli Maulidati ( alumni MA Al-Ishlah).

Pelatihan Faroidh bersama its 3

Kegiatan tersebut tetap berlangsung lancar tanpa suatu halangan meskipun hujan deras  sempat mengguyur pada pembukaan acara yang dimulai pukul 09.00 WIB dan bertempat di aula pondok pesantren Al-Ishlah. Setelah pembukaan dan penyerahan cinderamata,kakak-kakak pemateri pun memeperkenalkan ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi di lab.komputer yang dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama yakni jam 09.30 WIB sampai qobla dhuhur untuk kelas 2 aliyah,dan sesi kedua yakni ba’da dhuhur sampai qobla ashar untuk kelas 1 aliyah. Di pelatihan ini peserta diperkenalkan dengan situs Faraidh.net . Namun sebelum itu, para peserta diberi soal untuk pretest, hal ini dirasa tidak terlalu sulit bagi kelas 2 yang sudah belajar sedikit demi sedikit ilmu faraidh dalam kelas bersama ust. Fadholin. Namun berkebalikan dengan kelas 1, mereka sangat kesulitan dalam mengerjakannya, karena mereka sama sekali belum pernah belajar ilmu faraidh secara mendetail. Setelah pretest terlewati, kakak-kakak pembina pun mulai menerangkan apa itu faraidh.net, apa fungsinya, hingga bagaimana cara penggunaannya.

Dengan basis teknologi canggih yakni menggunakan web, para peserta belajar mengenai seluk beluk ilmu pembagian harta waris sekaligus segala hal yang berkaitan dengannya, mereka mengikuti jalannya acara dengan serius karena ilmu pembagian harta waris ini tergolong cukup rumit dan sangat dibutuhkan ketika terjun secara langsung ke dalam masyarakat nanti. Selepas itu, para peserta pun k  embali diberi soal yang serupa dengan soal pretest. Namun bedanya, kali ini mereka diperbolehkan menggunakan atau memanfaatkan situs faraidh.net maupun user reference & user guide web faraidh yang telah dibagikan kepada tiap peserta untuk membantu dalam pengerjaan. Walhasil para peserta lebih mudah dalam menjawabnya.

Pukul 14.30  kegiatan pelatihan ini pun berakhir,  beragam manfaat diharapkan dapat diambil untuk memberikan kontribusi besar dalam kehidupan masyarakat nantinya, bagi anda yang ingin menyelesaikan masalah perhitungan harta waris dan segala yang berkaitan dengannya, silahkan mengunjungi situs  faraidh.net, dijamin fitur- fiturnya lengkap dan mempermudah anda dalam menyelesaikan masalah di bidang faraidh. (GAFIR-N2).

Pelatihan Faroidh bersama its 1

Pelatihan Faroidh bersama its 2

 

One thought on “BELAJAR FARAIDH ASIK DENGAN WEB BERSAMA EMPAT MAHASISWI ITS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *