Kesyukuran Seperempat Abad Pondok Al-Ishlah

kesyukuran

Pondok Pesantren Al-Ishlah Sendangagung genap berusia 25 tahun pada 13 September 2011. Sejumlah acara digelar untuk memperingati momen penting tersebut. Antara lain lomba kesiswaan, upacara bendera khusus memperingati hari jadi Pondok Al-Ishlah, dan lain sebagainya.

Puncak peringatan terjadi pada Senin, 26 Maret 2012 saat digelar acara Kesyukuran sekaligus Peresmian Masjid Pondok Pesantren Al-Ishlah. Acara tersebut dihadiri Menteri Agama RI H Suryadharma Ali, Wakil Gubernur Jawa Timur H Saifullah Yusuf, Bupati Lamongan H Fadeli, sejumlah pejabat dari Kementerian Agama pusat dan wilayah, serta beberapa tokoh nasional dan lokal.

Dalam acara yang digelar di lapangan pondok tersebut, Menteri Agama mengapresiasi jerih payah dan usaha yang telah dilakukan oleh pengasuh dan guru-guru di Pondok Pesantren Al-Ishlah sehingga mengantarkan pondok ini menjadi lembaga pendidikan yang membanggakan baik secara kuantitas maupun kualitas. Ia berharap akan banyak lembaga yang meniru Pondok Pesantren Al-Ishlah.

Di bagian lain pidatonya Menteri asal Sumatera ini memberi perhatian pada keadaan Pondok yang –menurut pengasuhnya– dalam tiga tahun terakhir harus menolak sebagian calon santrinya karena keterbatasan sarana.

Untuk itu ia berjanji akan membantu tiga ruang belajar dan perpustakaan untuk meningkatkan data tampung dan sarana pendidikan di pondok ini. Ia juga mengajak Wagub Jatim untuk membantu seragam bagi Korp Marching Band Al-Ishlah yang tampil apik pagi itu saat menyambut mereka di gerbang pondok.

Seusai acara, Menteri Agama lalu meresmikan Masjid Pondok Al-Ishlah yang terletak tidak jauh dari tempat acara. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita di pintu depan masjid. Setelah meninjau beberapa bagian masjid, Menteri dan rombongan lalu meninggalkan Pondok Al-Ishlah untuk meluncur ke Pondok Langitan Tuban guna bertakziyah atas wafatnya KH Abdullah Faqih. Setelah itu, Menteri dan rombongan juga dijadwalkan meresmikan Ma’had MAN Lamongan dan bersilaturahim dengan ulama sekabupaten Lamongan.

Kunjungan Menteri memang berlangsung singkat. Namun, kemeriahan acara membuat semua pihak bahagia. Tak terkecuali panitia yang sejak beberapa hari bekerja keras mempersiapkan kebutuhan acara mengingat kepastian kunjungan Menteri yang datang mendakak, ditambah jadwal kedatangan yang sering berubah-ubah.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *