Lomba Pramuka Penggalang Terampil Semarakkan Gebyar 3 Dasawarsa

Sendangagung – Pramuka Penggalang Terampil sebagai salah satu kategori yang diperlombakan dalam Gebyar 3 Dasawarsa Pondok Pesantren Al-Ishlah Sendangagung (20/11/2016) menarik banyak peserta dari SMP/MTS dan sederajat  di lingkup Kabupaten Lamongan, Gresik dan Tuban. 37 Regu Pramuka Penggalang ikut ambil bagian dalam kategori ini.

Kegiatan yang bertempat di halaman utama Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an dan Sains Al-Ishlah (STIQSI) itu mengedepankan pada aspek kekreatifan, ketrampilan dan kemandirian para peserta. Upacara pembukaan diikiuti dengan khidmat oleh 20 regu Putra dan 17 regu Putri pada 08.00 WIB.

ppt-satu

Acara peringatan 30 tahun usia Pondok Pesantren Al-Ishlah ini memperlombakan berbagai jenis cabang. Di antaranya adalah Pionering, Jelajah, Sandi Morse Semaphore, PPGD, Sket Panorama, Menaksir, Desain Grafis yang dilakukan pada pagi pertengahan hari.

Perlombaan ini terbagi menjadi 3 Pos. Pos Pertama di Lapangan PP. Al-Ishlah dengan cabang lomba Pionering. Kemudian Pos ke dua adalah Jelajah, dari Pondok peserta melanjutkan perjalanan menuju desa Sumurgayam hingga tengah hari. Setelah Istirahat Sholat dan Makan, dilanjutkan dengan Pos terakhir yang bertempat di kompleks STIQSI yang memperlombakan cabang Smart Scout, Water Rocket, dan Kreasi Yel-yel. Setelah semua kegiatan berakhir kemudian diakhiri dengan penutupan yang telaksana sekitar pukul 18.30 WIB. Acara ini berjalan dengan meriah dan sukses. Para peserta pun merayakan kemenangan mereka dengan menyorakkan yel – yel dari sekolah masing – masing. “Siapapun yang menjadi juara, pemenangnya adalah kita semua”, ujar Drs. H Agus Salim selaku Ketua Gugus Depan Al-Ishlah.

ppt-dua

SMP Muhammadiyah 08 Laren berhak membawa pulang trofi Juara Umum Kategori Putra setelah berhasil menduduki peringkat pertama pada dua cabang, yaitu Juara I Smart Scout dan Juara I Jelajah. Sedangkan Juara Umum Kategori Putri diraih oleh regu dari MTS Muhammadiyah 02 Karangasem. Untuk regu putri, yang membedakan adalah selisih poin karena tidak ada yang mendapat juara I lebih dari satu cabang. Selain MTSM 02 Karangasem yang mendapat juara I cabang Kreasi Yel-yel, adalah SMPM 29 Sidodadi (Juara I Pionering), MTS YKUI Sambogunung (Juara I Desain Grafis), SMP M 14 Karangasem (Juara I Water Rocket), MTS Putra-Putri Simo (Juara I Jelajah) dan terakhir SMP Al-Amin Paciran (Juara I Smart Scout).

ppt-empat

 

Reporter:

Layla Mawaddatur R. (siswi kelas XI IPS 4 MA Al-Ishlah Sendangagung)

Tatiana Zhia Sarin (siswi kelas XI IPS 4 MA Al-Ishlah Sendangagung)

Qurotul Ainayah (siswi kelas XI IPA 6 MA Al-Ishlah Sendangagung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *