Bakat-Bakat Muda Unjuk Gigi pada Lomba MTQ Cabang Tilawatul Qur’an

Sendangagung (20/11) – Bertempat di gedung MA Al-Ishlah Sendangagung Musabaqah Tilawatil Qur’an cabang Tilawah menampilkan bakat-bakat muda potensial. Cabang tilawah sendiri terbagi menjadi dua kategori, yakni tingkat SD/MI dan tingkat SMP/MTS. Tingkat SD/MI diikuti oleh 15 peserta sedangkan tingkat SMP/MTS diikuti oleh 18 peserta yang berasal dari sekolah dan pondok pesantren di lingkup Kabupaten Lamongan, Tuban dan Gresik. Ada beberapa kriteria penilaian yang menjadi pertimbangan juri meliputi bidang suara, tajwid, fashahah, dan lagu.

Salah satu peserta MTQ Cabang Tilawatil Qur'an Tingkat SD/MI
Salah satu peserta MTQ Cabang Tilawatil Qur’an Tingkat SD/MI sedang tampil

Suara lantunan ayat-ayat suci dari para peserta tidak hanya memukau para juri yang ada di dalam ruangan, namun juga mencuri perhatian para pengunjung yang ada di kompleks gedung MA Al-Ishlah karena suaranya terdengar sampai ke area luar. Sungguh indah suara yang keluar dari anak-anak yang sejak dini sudah mencintai Al-Qur’an tersebut.

“Perasaan deg-degan ketika melihat saingannya. Meski sudah pernah ikut lomba seperti ini. “ tutur Nisa Zahrotul Firdausi, peserta kategori tilawah SMP/MTS asal Pondok Bayt Al-Qur’an Muhammadiyah Blimbing. Ia juga mengaku butuh persiapan 4 hari untuk mengikuti lomba ini. Ia memiliki harapan dengan keikutsertaannya dalam MTQ 3 Dasawarsa ini dapat menambah pengalaman untuknya serta dapat bermanfaat di kemudian hari.

Keberanian peserta cilik yang tampil sangat diapresiasi oleh para Juri
Keberanian peserta cilik yang tampil sangat diapresiasi oleh para Juri

Dalam kategori Tilawah tingkat SD/MI. Juara I diraih oleh Alifiyah Aini dari MI Tarbiyatul Banat, disusul Ibnu Davin Al Mazamir dari MIM 16 Paciran (Juara II), Aghni Khafia Safitri  dari MI Tarbiyatul Banat (Juara III), Rachma Tsania dari MIU Al-Azhar  Sedayulawas (Juara Harapan I) dan terakhir Archam Syahrir Ramdhon dari MIM 5 Palirangan (Juara Harapan II).

Sedangkan untuk kategori Tilawah tingkat SMP/MTS, A. Robith Diyaul Haq dari MTS Ma’arif NU Assa’adah 1 Bungah, Gresik berhasil menjadi Juara I. Disusul kemudian Abdul Fatah Al Hadi dari MTS Tarbiyatut Tholabah Kranji sebagai Juara II, Putri Rizqi Maulia asal MTS Assa’adah 2 Bungah, Gresik sebagai juara III. Ajril Abyad al Haq dari SMPM 25 Pondok Modern Paciran sebagai Juara Harapan I, dan Juara Harapan II diraih oleh Muhammad Ainun Nadhif dari MTS Ma’arif NU Assa’adah 1 Bungah, Gresik.  Selamat untuk para Juara, dan tetap semangat untuk para peserta. Setiap kalian para pecinta Al-Qur’an adalah pemenang. (M. Adib Susilo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *