Rihlah Tarbawiyah ke Gontor Putri 1 dan 2

ossy 2

 

Tanggal 16-17 Februari 2017 ,seluruh anggota OPPI (Organisasi Pelajar Pondok Pesntren Al-Ishlah) mengikuti acara study banding ke pondok pesantren darussalam gontor putri 1 dan 2 yang berada di Mantingan,Ngawi bagi OPPI putri dan pondok Gontor  putra 1 dan 2 yang berada di Ponorogobagi OPPI putra. Study banding ini diadakan dalam rangka sebagai pembandingan dan pembekalan bagi para pengurus OPPI dalam menjalankan amanah yang mereka tanggung.

Berkumpul pada pukul 01.25, seluruh pengurus OPPI mendapat  pengarahan terlebih dahulu dari Ustadzah Sri Welas selaku pembina, sebelum akhirnya berangkat menuju kampus Gontor putri 1 dan 2 di mantingan ,Ngawi. Di tengah perjalanan, para rombongan berhenti sejenak di salah satu masjid di daerah Kalitidu ,Bojonegoro untuk menunaikan sholat subuh berjamaah,setelah itu,rombongan meluncur kembali hingga pada akhirnya tiba di kota Ngawi.

Tiba di pondok pesanten Darussalam Gontor putri 1, para rombongan di sambut dengan hangat oleh para ustadzah dan sebegian pengurus OPPM  dari pondok pesanten gontor 1. Di pondok yang dekat dengan gunung lawu ini,semua acara berlangsung dengan lancar. Setelah sarapan, seluruh rombongan di arahkan menuju aula untuk menerima sambutan,ucapan selamat datang,dan juga perkenalan sedikit tentang pondok pesantren Gontor putri 1.ossy3

Setelah menerima pengarahan,para rombongan diajak untuk mengelilingi lingkungan pondok sekaligus perkenalan lebih detail tentang pondok modern ini. setelah mengelilingi kawasan pondok,rasa takjub lah yang selelu ada di dalam diri para rombongan. Disana tersuguhpemandangan yang sangat memikat mata, kampus yang luas,bangunan megah,lingkungan yang ramah,begitu pula dengan para santrinya yang rapi ,sopan,santun,,dan juga ramah. Itulah yang terkesan dari salah satu pondok pesantren modern yang terkenal ini.

Meski dengan suasana yang dingin karena hujan, rombongan tetap mengibarkan bendera semangat mereka,dengan antusias mereka mengikuti dan menikmati penampilan demi penampilan,pidato demi pidato yang di suguhkan oleh bagian khitobah dalam acara mukhadloroh. Tanpa di duga dan di sangka, pihak khitobah meminta perwakilan dari Al-Ishlah untuk menunjukkan bakat mereka dalam hal pidato bahasa, yang akhirnya Firdha Ning Fajrillah yang menjabat sebagai Ketua OPPI  dan Tiar Aulia Mawaddah yang menjabat sebagai wakil ketua OPPI lah yang menunjukkan bakatnya sekaligus sebagai perwakilan bagi rombngan dari Al-Ishlah. Acara mukhadloroh berlangsung dengan meriah oleh sertaan berbagai yel-yel serta semarak tepukan tangan yang mampu membangkitkan semangat untuk mengikuti mukhadloroh.

ossy4

Setelah meninjau lingkingan pondok,makan siang,lalu istirahat, para rombongan berkesempatan untuk menikmati sekaligus melihat langsung semaraknya acara pramuka disana, yang rutin dilaksanakan setiap hari kamis sore setelah sholat ashar. Dilanjutkan dengan diskusi dan tukar pikiran per bagian seputar kepengurusan organisasi di lingkungan pondok. Acara berakhir pada pukul 16.04 waktu setempat.

Rombongan kembali menginjakkan kaki di tanah Al-Ishlah pada pukul 01.25 dengan lelah, namun begitu, meski lelah tapi para rombongan tetp merasa senang dan bahagia karna mendapat pengalaman sekealigus tambahan pengetahuan  tentang kepengurusan di sebuah organisasi. Semoga acara study banding ini dapat memberikan manfaat dan dapat di terapkan dalam kepengurusan oppi 2017 . (Layla Mawaddatur Rosyidah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *