TINGKATKAN ILMU: STUDI KE ITS

Surabaya. Senin, 14 Januari 2013 para siswa MA Al-Ishlah mengadakan kunjungan ke ITS. Kunjungan ini diadakan satu tahun sekali khususnya bagi kelas XII IPA. Di sana mereka disambut oleh beberapa Mahasiswa ITS, yaitu HIMASIKA ITS (Himpunan Mahasiswa Fisika) selaku pembimbing siswa-siswi MA al-Ishlah. Turut hadir dalam acara itu beberapa dosen pembimbing HIMASIKA ITS, yang menerima rombongan dari al-Ishlah dengan ramah.

Dosen pembimbing HIMASIKA ITS serta segenap anggota HIMASIKA ITS memberikan berbagai motivasi belajar bagi siswa-siswi yang akan memasuki jenjang pendidikan perguruan tinggi. Selanjutnya para siswa mengikuti pembimbing masing-masing sesuai dengan kelompoknya menuju ruangan khusus labolatorium fisika, untuk mengenal lebih dekat ilmu fisika. Penjelasan dari pembimbing yang begitu menarik membuat mereka faham akan pentingnya ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari.

              Open Labolatory of  Physic atau lebih dikenal dengan singkatan Praktek LAB, mempunyai beragam jenis, seperti laboratorium elektro dan laboratorium optik dll, dimana masing-masing laboratorium mempunyai tenaga ahli dibidangnya. Tujuan siswa-siswi ke ITS adalah untuk menambah wawasan,  dan memperdalam ilmu fisika.  Tidak hanya dari segi teori, tetapi dalam prakteknya juga. Sehingga mereka bisa mendapatkan manfaatnya  secara langsung.”Kami di ITS bisa merasakan ilmu fisika berada dekat dengan kehidupan sehari-hari, tidak seperti di sekolah yang baru dalam tahapan pendalaman teori, karena keterbatasan alat untuk digunakan praktek, banyak manfaat lain yang kita dapat dari acara ini,” ujar Jihan Reni Kholidati salah satu peserta tour  open laboratory ITS.

            Ruangan yang banyak tidak  membuat mereka lelah untuk melanjutkan perjalanan guna  mengelilingi  kampus ITS. Para santri berharap bisa mempraktekkan apa yang mereka dapat dari ITS.. (Utk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *